Membuat Simple Web Browser menggunakan Microsoft Visual Basic 6



Mungkin sudah banyak yang mempunyai Web Browser seperti Mozila Firefox, Chrome, Opera. Tapi, kali ini saya akan menyediakan tutorial Cara Membuat Web Browser menggunakan Visual Basic 6. Langsung saja silakan ikuti tata cara berikut:

Hal yang Diperlukan:
Microsoft Visual Basic 6.0 [ download di SINI ]

Lanhkah - Langkah:

  1. Buka Visual Basic 6, buat project baru.
  2. Tambahkan Kontrol web browser(ketik ctrl+t, centang Microsoft Internet Controls, OK)
  3. Dobel klik Web Browser di Toolbox, beri nama WebBrowser1
  4. Tambahkan beberapa kontrol command button dan textbox. Properties nya sebagai berikut:
    Kontrol: Nama: Caption:
    Text Box txtUrl (kosongkan)
    Command Button cmdGo GO!
    Command Button cmdBack Back
    Command Button cmdFoward Foward
    Command Button cmdRefresh Refresh
    Command Button cmdStop Stop
  5. Masukkan coding berikut(klik kanan pada form, view code):
    Private Sub cmdBack_Click()
    'Untuk Kembali
    WebBrowser1.GoBack
    End Sub
    Private Sub cmdFoward_Click()
    'Untuk maju ke halaman yg telah di klik kembali
    WebBrowser1.GoForward
    End Sub
    Private Sub cmdGo_Click()
    'Untuk pergi ke sebuah situs web yang telah diketik di txtUrl tadi
    WebBrowser1.Navigate (txtUrl.Text)
    End Sub
    Private Sub cmdRefresh_Click()
    'Untuk merefres halaman
    WebBrowser1.Refresh
    End Sub
    Private Sub cmdStop_Click()
    'Untuk menyetop loading halaman
    WebBrowser1.Stop
    End Sub
    Private Sub Form_Load()
    'Untuk menetapkan sebuah situs web sebagai homepage
    WebBrowser1.Navigate ("http://www.google.co.id/")
    End Sub
    Private Sub WebBrowser1_StatusTextChange(ByVal Text As String)
    'Untuk merubah Caption Form1
    Form1.Caption = WebBrowser1.LocationName + " - NAMA WEB BROWSERMU"
    'Untuk merubah Text txtUrl menjadi url yg sedang kita tuju
    txtUrl.Text = (WebBrowser1.LocationURL)
    End Sub
  6. Klik File > Make Project1.exe
Silakan download punya saya di SINI
Akhir kata, sekian da terimakasih.


    Komentar

    6 Komentar di artikel "Membuat Simple Web Browser menggunakan Microsoft Visual Basic 6"

    Pradisz Wardhana mengatakan...

    Wah.. mantep nih.. programer :D hehe.. sekalian tak follow mas bro :D


    2 Agustus 2011 03.04
    Ariq-XP Creativity mengatakan...

    siip, sudah saya followback..


    7 Agustus 2011 07.33
    jaringan wlan mengatakan...

    ok sob
    q coba dlu


    3 Desember 2012 22.10
    wahono saputra mengatakan...

    boleh juga nie di coba ,,, tapi,,,,
    kalau buat loading barnya mana nie mas brow....????


    23 Desember 2012 16.48
    Ariq-XP Creativity mengatakan...

    @wahono saputra : wah, blom tak temuin nih cara buat loadingnya.. Btw makasih dah mau comment..


    2 Maret 2013 17.27
    Ariq-XP Creativity mengatakan...

    @jaringan wlan : siip deh..


    2 Maret 2013 17.30

    Posting Komentar

    Blog ini blog DOFOLLOW, jadi dapatkan backlink gratis hanya dengan berkomentar.

    Recent Post

    Popular Posts

    Return to top of page Copyright © 2011-2012 | Ariq-XP Blog | Platinum Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors